Senin, 13 Agustus 2018

Mengenal Bulutangkis Indonesia.

Hasil gambar untuk cabang olahraga bulu tangkis

Di Indonesia, olahraga yang menjadi kecintaan seluruh masyarakatnya adalah sepak bola. Lewat pertandingan ini seluruh masyarakat melebur mendukung tim kesayangannya masing-masing. Namun bukan hanya sepak bola saja yang menjadi olahraga favorit Indonesia. Bulu tangkis atau badminton pun menjadi salah satu olahraga yang dicintai dan menjadi kebanggan Indonesia. Sebagai olahraga kebanggaan Indonesia, tentunya bulu tangkis sering menjadi andalan untuk membela tim merah putih di berbagai pertandingan olahraga baik di tingkat nasional maupun internasional. Untuk lebih tahu tentang olahraga ini, mari mengenal cabang olahraga bulu tangkis lebih dekat.

Sejarah Cabang Olahraga Bulu Tangkis


Berdasarkan sejarahnya, bulu tangkis dimainkan dengan kok dan raket yang berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu. Namun ada juga yang menyebut jika olahraga ini berasal dari dan Republik Rakyat Tiongkok yang terinspirasi dari permainan jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Permainan ini berupaya agar kok tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Sementara di Inggris pada zaman pertengahan sangat populer permainan anak-anak yang disebut battledores dan shuttlecocks. Pada zaman tersebut anak-anak biasanya akan memakai dayung/tongkat (battledores) dan menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Permainan ini cukup populer dilakukan di jalan-jalan London pada tahun 1854. Sepanjang perkembangannya, bulutangkis memiliki lima partai yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Kompetisi Bulutangkis

Mengenal cabang olahraga bulutangkis juga harus mengetahui kompetisinya. Kompetisi  tingkat internasional bulutangkis sudah banyak diselenggarakan oleh Badminton World Federation (BWF), seperti Piala Thomas yang merupakan partai beregu internasional putra utama pertama kali diadakan pada 1948, dan Piala Uber yang merupakan pertandingan khusus putri yang pertama kali diadakan pada 1956. Kompetisi kedua perlombaan ini diadakan setiap dua tahun. Ada pula Piala Sudirman yang merupakan pertandingan tim internasional nomor beregu campuran diadakan setiap dua tahun yang dimulai pada tahun 1989. Selain itu bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade Musim Panas 1972 dan 1988.

Untuk kancah Asia sendiri ada Asian Games yang merupakan ajang multi event pertandingan olahraga yang salah satu pertandingannya adalah bulutangkis.  Sejak dipertandingan bulutangkis diselenggarakan pada Asian Games (1962), Indonesia jarang sekali tidak mendapatkan medali pada cabang olahraga ini.

Perkembangan Bulutangkis di Indonesia

Mengenal cabang olahraga bulu tangkis di Indonesia sebenarnya tidak ada data pasti. Namun diperkirakan cabor ini mulai dikenal oleh Indonesia tahun 1930-an yang dinaungi oleh Ikatan Sport Indonesia (ISI). Dikabarkan pula bila bulutangkis makin berkembang pasca kemerdekaan. Indonesia  sempat berjaya pada banyak turnamen bulutangkis internasional, salah satunya adalah  saat di ajang Asian Games pada tahun 1962 Indonesia memiliki Tan Joe Hok yang berhasil meraih medali emas Asian Games untuk partai tunggal putra.
Pada ajang Asian Games (1962-2014) prestasi bulutangkis Indonesia di Asian Games paling banyak disumbangkan oleh cabang olahraga bulutangkis dengan perolehan medali sebanyak 91 (26 emas, 25 perak, dan 40 perunggu). Itulah beberapa informasi untuk mengenal cabang olahraga bulu tangkis lebih dekat. Di tahun 2018 mendatang Asian Games ke-18 yang akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang menggelar 40 cabor, salah satunya adalah bulutangkis, yang juga sangat diharapkan bisa menyumbangkan emas bagi Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar